Single Blog Title

This is a single blog caption
14 Oct 2021

Mengenal Profesi Android Developer : Definisi ,Tanggung Jawab, dan Prospek Karir

//
Comments0

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan belajar Programming dan berkarir di ranah teknologi, Android Developer bisa jadi pilihan yang menarik, lho !

Saat ini, pengguna aktif bulanan Android telah mencapai lebih dari 2,5 Miliar. Dengan banyaknya versi Android yang tersedia dan pangsa pasar smartphone yang sangat besar, kebutuhan tenaga kerja di ranah tersebut jadi semakin luas.

Tapi, sebenarnya Android Developer itu apa sih? Apa saja yang mereka lakukan? Bagaimana prospek karier ke depannya? Nah, berikut ini penjelasannya :

Pengertian Android Developer

Android Developer bisa juga dikatakan sebagai Software Developer yang memiliki spesialisasi merancang aplikasi untuk marketplace Android. Secara sederhana, mayoritas pekerjaan mereka adalah membuat aplikasi yang dapat digunakan di dalam smartphone ataupun tablet, baik itu berupa game maupun bentuk aplikasi lainnya.

Untuk menjadi Android Developer, kamu setidaknya harus memiliki pengalaman serta pemahaman yang luas dalam bahasa pemrograman. Selanjutnya, seorang Android Developer dapat bekerja secara in-house di sebuah perusahaan atau bekerja di dalam app development agency.

Tanggung Jawab seorang Android Developer

Berikut beberapa tugas utama yang dikerjakan oleh Seorang Android Developer :

1. Merancang dan membangun Aplikasi untuk smartphone Android

Bisa dibilang, ini adalah tugas utama seorang Android Developer. Hampir seluruh waktu dan tenaga mereka didedikasikan untuk keperluan ini.

Dalam menjalani tugas tersebut, Developer dituntut untuk selalu teliti dan berorientasi pada detail. Jika ada kesalahan, aplikasi bisa tidak berjalan. Memperbaiki kesalahan akan memakan waktu dan kemungkinan terburuknya harus mengulang dari nol.

2. Berkolaborasi dengan tim lainnya

Dalam hal ini, seorang Developer dituntut untuk bisa bekerjasama dalam tim dan memiliki skill komunikasi yang baik. Mengapa? Karena kesibukan Android Developer sangat sulit untuk dikerjakan seorang diri. Biasanya, mereka akan bekerja dalam tim agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Selain itu, Android Developer perlu berkoordinasi dengan tim lainnya. Sebagai contoh, mereka akan bekerja dengan tim Product Development dan UI/UX Design untuk merancang menetapkan dan merancang fitur yang sekiranya apa yang diinginkan oleh calon penggunanya.

3. Bekerja dengan sumber data eksternal dan API

Sebelum melakukan perancangan aplikasi, developer harus menelaah dan menganalisis data-data yang didapat, baik dari arsip sebelumnya, data intergrasi dari tim lain, maupun data baru dari internal tim Android Developer sendiri.

Agar semua berjalan dengan lancar, developer perlu mengasah skill critical thinking untuk mengimplementasikan data-data ke dalam proyek yang diberikan.

4. Memperbaiki dan mengembangkan aplikasi yang sudah ada

Saat aplikasi sudah diluncurkan ke publik, bukan berarti pekerjaan Android Developer selesai sampai di situ saja! Jika terdapat masalah atau bug yang dilaporkan oleh user, mereka harus siap untuk memperbaikinya.

Ditambah lagi, mereka juga perlu memikirkan fitur atau peningkatan apa lagi yang bisa ditambahkan ke dalam aplikasi tersebut sebelum dikembalikan ke publik. Jadi, kerjanya seru dan jangka panjang.

5. Mencari, evaluasi, dan mengimplementasi teknologi baru

Menjadi seorang Android Developer dituntut untuk tetap up-to-date terhadap tren aplikasi smartphone. Mereka diharuskan untuk mencoba dan mengevaluasi tools baru yang muncul serta menimbang apakah ia perlu diimplementasikan ke dalam aplikasi.

Karena itu, para developer perlu cermat dalam beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah. Jadi, mikir terus biar sukses.

Prospek Karir Android Developer

Dalam industri pengembangan Android, banyak sekali tim yang dibutuhkan untuk memastikan sistemnya ini berjalan dengan baik. Maka dari itu, banyak juga posisi lain yang ditawarkan seperti :

  • Mobile Architect
  • Android Engineer
  • Mobile App Developer
  • Mobile Lead Software Engineer
  • Android Mobile Developer
  • Mobile Developer
  • Mobile Embedded Software Engineer

Menurut Acadgild ada beberapa keuntungan khusus dalam berkarier dalam bidang Android Developmentdi antaranya adalah :

  • Banyaknya permintaan untuk para kandidat yang memiliki skill ini. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri posisi juga sangat dicari sehingga kesempatan dalam bekerja sangat luas.
  • Bayaran yang sangat besar. Skill yang kamu miliki sangat berbanding lurus dengan pendapatan yang akan diberikan oleh perusahaan.
  • Banyaknya pilihan profesi dalam dunia Android.
  • Android tumbuh secara stabil.
  • Karier dalam Android sangat menantang.
  • Kebebasan dalam jam kerja. Beberapa perusahaan membebaskan para karyawannya untuk tidak bekerja secara ketat dari jam 9 sampai jam 5 sore. Banyak perusahaan yang memperbolehkan bekerja secara remote.
  • Kesempatan berkarier yang sangat luas. Setelah kamu lepas dari Android, banyak sekali perusahaan besar yang mengincar skill dari pengalaman yang sudah kamu jalankan.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?