Single Blog Title

This is a single blog caption
14 Oct 2021

6 Tips untuk Programmer Pemula

//
Comments0

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki cita-cita menjadi seorang programmer handal? Bagi sebagian orang, bahasa pemrograman memang terlihat begitu sulit, tapi tentu tidak bagi kamu yang memiliki dasar-dasar bahasa pemrograman.

Jika kamu saat ini sedang mengenyam pendidikan rekayasa perangkat lunak atau sejenisnya yang dipersiapkan untuk menjadi seorang programmer, maka ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai seorang pemula dalan dunia programmer. Tentu hal ini juga sangat membantu bagi kamu yang belajar Programming secara otodidak. Yuk simak tips bagi programmer pemula.

1. Tentukan Bahasa Pemrograman

Tentu masing-masing dari bahasa pemrograman memilliki bahasa atau perintah yang berbeda-beda. Langkah pertama, kamu bisa coba mencari bahasa pemrograman apa yang mudah dimengerti. Contoh,  jika kamu ingin membuat sebuah aplikasi Desktop atau Android kamu bisa mulai mempelajari pemrograman Java.

2. Pelajari Dasar Dasar Pemrograman

Sebagai seorang yang baru terjuan dalam dunia programmer, kamu tidak perlu terburu-buru untuk membuat sebuah program yang canggih. Bahasa pemrograman sendiri memiliki tingkatannya yaitu, low level languagemiddle level language dan high level language. Sebaiknya, pelajari semua dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu karena kamu tidak bisa mengembangkan jQuery tanpa memahami dasar dari JavaScript itu sendiri.

3. Tentukan Tools Development

Menggunakan notepad untuk coding HTML dan CSS sebenarnya sangat tidak direkomendasikan karena kita tidak dapat memeriksa jika terjadi error. Ada baiknya kamu dapat menggunakan Dreamweaver atau Coda yang sering digunakan programmer professional.

4. Asah Keahlianmu

Jika kamu sudah merasa handal lantaran hanya melihat dan membaca coding saja, kamu salah besar. Untuk menjadi programmer yang handal, kamu harus mengasah keahlianmu dengan membuat project kecil-kecilan yang bisa menguji kemampuan coding kamu.

5. Bahasa Inggris

Kenapa bahasa Inggris ? Jika kamu sadari, semua perintah dalam bahasa pemrograman menggunakan bahasa Inggris. Untuk mengerti semua perintah tersebut, tentunya kamu harus menguasai bahasa Inggris.

6. Cari Sumber yang Membahas Permasalahan Coding

Jika kamu memiliki masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri, maka kunjungilah forum-forum programmer yang dapat dijumpai melalui internet. Tidak hanya itu, dengan bergabung dibeberapa forum programmer pastinya kamu memilliki informasi tambahan mengenai dunia programmer.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?