Single Blog Title

This is a single blog caption
7 Oct 2021

Seputar Profesi Data Analyst : Pengertian, Tugas, dan Kemampuan yang Wajib dikuasai

//
Comments0

Kebutuhan akan data semakin berkembang dari tahun ke tahun, begitu pula dengan profesi seorang Data Analyst. Profesi yang satu ini memang sangat berhubungan dengan yang namanya data. Data sendiri merupakan segala bentuk informasi yang berupa angka, teks, gambar, dan lain sebagainya. 

Untuk pekerjaan yang satu ini, lebih berfokus pada berbagai jenis data yang dapat diolah untuk kebutuhan tertentu. Jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan pekerjaan tersebut.Seperti, belajar Programming Python, R, Javascript karena seorang Data Analyst harus mampu menguasai metode Machine Learning. Sehingga, prospek kerja yang anda dapatkan dapat membantu anda dalam mengembangkan potensi diri. 

Pengertian Data Analyst ?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Data Analyst, alangkah baiknya jika kamu perlu mengetahui apa itu Data Analyst. Agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai pekerjaan sebagai “tukang data”. 

Data Analyst adalah pekerjaan yang berhubungan dengan segala jenis data dan bertanggung jawab untuk menerjemahkan data tersebut, sehingga dapat diolah dan dijadikan laporan untuk membantu proses manajemen dan pengolahan data perusahaan. Data Analyst juga dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data untuk meningkatkan keuntungan, dan kredibilitas suatu perusahaan. 

Tugas Data Analyst

Berikut merupakan tugas dan tanggung jawab seorang Data Analyst.

1. Kemampuan dalam Menganalisis

Seorang data analyst memiliki tugas untuk menganalisis berbagai macam data yang telah disaring sedemikian rupa dan diolah kembali sebagai bahan untuk pengambilan keputusan bisnis suatu perusahaan.  

Kemampuan dalam menganalisis berbagai masalah yang terjadi di dalam pengembangan aplikasi juga termasuk ke dalam tugas dari analis data. Setelah proses analisis sudah dirasa cukup, maka selanjutnya masuk pada proses pembuatan laporan dari hasil data statistik yang dipaparkan oleh analis data. 

2. Memiliki kemampuan dalam membaca arah Bisnis

Selain memiliki kemampuan dalam menganalisis setiap permasalahan yang berhubungan dengan bisnis, seorang Data Analyst juga harus memiliki kemampuan dalam membaca arah bisnis suatu perusahaan.

Setiap pengambilan keputusan sekecil apapun, akan memberikan dampak dan perubahan yang lumayan besar bagi arah bisnis perusahaan. Perlu adanya pemikiran dan tindakan yang tepat dengan memperhatikan data dan fakta yang ada sebelum mengambil sebuah keputusan. 

3. Mampu berkomunikasi dengan baik

Selanjutnya, mampu berkomunikasi dengan berbagai divisi atau tim terkait pengembangan proyek. Kamu dituntut untuk dapat memaparkan dan menjelaskan hasil analisis data yang telah diperoleh dari sumber informasi yang valid dan terpercaya. 

4. Mampu untuk menafsirkan Data

Tugas dan tanggung jawab berikutnya adalah mampu untuk menafsirkan sebuah data dengan baik dan rinci. Kamu memerlukan pemikiran yang kritis dan inovatif untuk dapat mengembangkan solusi yang anda buat sendiri agar dapat membantu proses bisnis perusahaan atau industri.

5. Bekerja sama dengan tim Manajemen untuk kebutuhan Bisnis

Tugas dan tanggung jawab yang terakhir adalah mampu bekerja sama dengan tim manajemen untuk mendiskusikan lebih lanjut terkait dengan pengembangan produk dan solusi yang dibuat.

Kemampuan yang wajib dimiliki seorang Data Analyst

Berikut merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Data Analyst Profesional :

 1. Memahami penggunaan Bahasa Pemrograman SQL

Bahasa SQL merupakan bahasa pemrograman untuk menangani urusan pengelolaan dan manajemen data. Banyak tools yang digunakan untuk membantu dalam proses pengembangan aplikasi, seperti MySQL, SQL Server, PostGre, dan lain sebagainya. Pada umumnya, anda akan banyak bekerja pada sisi server.

2. Memahami konsep Statistik dan Matematika

Selanjutnya, seorang Data Analyst juga harus mampu untuk memahami dan mengimplementasikan penerapan statistika dan matematika dalam membantu proses analisis data secara lebih akurat dan tersistem. Kamu harus siap untuk berhubungan dengan berbagai bentuk sajian angka terkait data proyek.

3. Mampu untuk memvisualisasikan Data

Berikutnya, salah satu skill yang harus dimiliki seorang analis data adalah mampu untuk memvisualisasikan data ke dalam bentuk grafik dan visual. Sehingga, data yang berhasil diperoleh dapat disajikan dengan baik dan disampaikan dengan lebih komunikatif. 

4. Mampu menggunakan Machine Learning

Skill terakhir yang harus kamu kuasai adalah mempelajari dan mampu untuk menerapkan konsep pengembangan perangkat lunak dengan metode Machine Learning. Bahasa pemrograman yang biasanya digunakan adalah Python, R, JavaScript, dan bahasa pemrograman yang menerapkan paradigma OOP (Object Oriented Programming). 

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?